WELLCOME

WELLCOME

Selasa, 06 Desember 2011

REMASTERING UBUNTU


Remastering linux adalah sebuah proses untuk membuat sebuah linux baru dari linux yang sudah ada. Contoh hasil dari remastering linux ubuntu adalah OSGX yang beberapa waktu lalu mendapat peringkat 2 pada lomba penelitian tingkat himpunan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Hasil remastering linux adalah linux yang mirip dengan linux induk namun telah mengalami beberapa modifikasi yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan linux induk, misal tema tampilan, perangkat lunak yang terbundel dengannya dan sebagainya.

Tujuan dari remastering linux adalah linux induk yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Jikalau bisa memenuhi, diperlukan suatu proses atau usaha misalkan menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Proses remastering ini membuat usaha tersebut tidak perlu dilakukan karena proses intalasi telah dilakukan oleh pengembang. Sebagai contoh adalah OSGX.

Remastering dilakukan dengan berbagai cara, kali ini saya akan membahas tentang Remastering Ubuntu. Remastering Ubuntu dapat dilakukan dengan cara :

1. Remastering Ubuntu dengan reconstructor

2. Remastering Ubuntu dengan remastersys

3.Remastering Ubuntu dengan Ubuntu Customization Kit

4.Remastering Ubuntu dengan console


Tidak ada komentar: